oleh

Target EBT 23% di 2025, Pemerintah Kejar Lewat 3 Jalur Ini


Jakarta, HOTNEWS – Pemerintah mengatakan akan terus mengupayakan pencapaian target bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025 meski hingga 2020 capaiannya baru sebesar 11,5%.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pemerintah akan mengejar target EBT sebesar 23% pada 2025 melalui tiga jalur, yakni listrik, pemanfaatan bahan bakar berbasis non energi fosil atau biofuel, dan pemanfaatan langsung energi baru terbarukan.

“Tidak hanya listrik, target EBT akan dicapai melalui biofuel dan pemanfaatan langsung. Jadi, target EBT dari tiga jalur, pertama listrik, kedua biofuel, dan ketiga pemanfaatan langsung EBT,” jelasnya dalam wawancara bersama HOTNEWS, Senin (22/02/2021).


Lebih lanjut Dadan mengatakan, dari sisi biofuel, pemanfaatan biofuel di Indonesia telah menjadi tertinggi di dunia karena pemanfaatan biodiesel di Indonesia sudah mencapai 30% atau B30.

“Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memanfaatkan biofuel skala nasional dan skala besar. Monitoring kita berjalan baik,” ujarnya.

Dari sisi kelistrikan berbasis energi baru terbarukan, lanjutnya, dalam lima tahun ke depan kapasitas pembangkit listriknya harus bertambah 2.000-3.000 mega watt (MW) per tahun untuk mencapai target bauran EBT 23% di 2025.

Demi mengejar target di sisa waktu lima tahun ini, kini pemerintah tengah menyusun Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) untuk 10 tahun ke depan. Pembahasan sudah berjalan selama tiga bulan bersama dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, dan PT PLN (Persero).

“Kita ada lima tahun capai 23%. Kami sedang bahas rencana usaha penyediaan tenaga listrik periode 10 tahun ke depan. Sudah tiga bulan bahas dengan PLN, Menteri ESDM, dan Dirjen Ketenagalistrikan,” ungkapnya.

Dadan menegaskan, nantinya RUPTL yang tengah disusun akan bernuansa EBT. Di dalam RUPTL ini akan dipastikan bahwa target 23% pada 2025 bisa tercapai.

“Pastikan RUPTL kali ini bernuansa EBT, target angka capaiannya di 2025,” tegasnya.

Dari sisi tantangan, imbuhnya, perencanaan harus bagus. Proyek-proyek akan di list mana yang sedang berjalan, sudah berjalan, dan siap dibangun. Selain itu juga akan dipastikan mengenai pendanaan. Menurutnya ada tim yang bakal memastikan proyek ini berjalan.

[Gambas:Video CNBC]

(wia)


Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HOT NEWS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed