Pasca Dibukanya Pintu Sungai Mrican, Banjir Turun 50 Cm – HOTNEWS
Mei 11, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Pasca Dibukanya Pintu Sungai Mrican, Banjir Turun 50 Cm


Pasca dibukanya pintu Sungai Mrican beberapa waktu yang lalu, kondisi air di sekitar wilayah itu hari ini selasa (23/2) permukaan airnya turun sekitar 50 centimeter dari hari sebelumnya.

Demikian dikatakan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, S.H., M.Si saat melakukan tinjuan bersama Ketua DPRD, didampingi Pj. Sekda, Kepala Dinsos dan Kalak BPBD ke rumah pompa Pecakaran dan tanggul Wonokerto .

“kita juga mengecek pompa yang ada di Desa Pecakaran dan hasilnya dari tiga pompa, namun yang berfungsi cuma satu sedangkan dua lainya rusak. Tapi kita sudah menghubungi BBWS agar segera ada perbaikan,”kata bupati.

Menurutnya, jika air yang ada di longstorage dipompa ke Sungai Sengkarang, kemudian ketinggian dibawah air yang diselatan tanggul, yakni pemukinan maka juga akan berpengaruh dengan situasi digenangan.

“saat ini total pengungsi sudah berkurang, namun jumlahnya masih 3.700 lebih. Kondisi mereka baik dan logistik terpenuhi. Pemkab Pekalongan sudah menyiapkan periode kedua tanggap darurat karena melihat kondisi masih belum memungkinkan,” ujar Asip.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan banjir, baik dari perorangan, komunitas, BUMN/BUMD dan juga ormas yang telah membantu baik tenaga maupun logistik.

“Banjir ini memberi hikmah kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan agar tetap bisa bekerja gotongroyong, mudah-mudahan banjir ini bisa cepat surut dan masyarakat dapat kembali ke rumahnya masing-masing,” pintanya.

Ke depan, lanjut Asip, Pemkab sudah melakukan kajian matang, untuk bagaimana mengantisipasi supaya tidak terjadi banjir terutama dalam menghadapi musim hujan yang ekstrim.

“pengerjaan tanggul darurat belum selesai 100 %, tinggal menunggu pembangunaa pintu di Sungai Mrican, jadi masih ada beberapa kendala teknis,” jelasnya



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews