Sah! Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Riau, & Bengkulu – HOTNEWS
April 17, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Sah! Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Riau, & Bengkulu


Jakarta, HOTNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik tiga gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pilkada 2020 secara bersamaan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Ketiga pasang kepala daerah yang dilantik Jokowi adalah Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi-Audy Joinaldy, serta Gubernur-Wakil Gubernur Kepulauan Riau yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina.

Terakhir, yaitu pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Bengkulu yaitu Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.


Ketiga pasang kepala daerah itu diangkat berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 40P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan 2021 – 2024.


Foto: Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Kepulauan Riau dan Bengkulu, 25 Feb 2021. (Tangkapan layar Youtube Setpres Ri)
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Kepulauan Riau dan Bengkulu, 25 Feb 2021. (Tangkapan layar Youtube Setpres Ri)

Saat memberikan keterangan pers usai dilantik, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengaku akan fokus pada program 100 hari kerja. Mulai dari mempersiapkan RPJM Provinsi Sumbar, serta upaya penanganan Covid-19.

“Selanjutnya penguatan ekonomi masyarakat, penguatan UMKM, dan juga kemudahan yang ada di Sumatera Barat yang jumlahnya lebih kurang 590 ribu,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Riau Ansar Ahmad mengaku prioritas pertama yang akan dilakukan adalah penanganan Covid-19 dan mempercepat pemulihan perekonomian di Kepulauan Riau.

“Provinsi Kepri pernah mencapai pertumbuhan ekonomi 8% di masa lalu, di mana Batam menjadi lokomotif ekonominya,” katanya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan prioritas utama yang akan dikerjakan dalam 100 hari ke depan adalah yang berkaitan dengan aspek konektivitas Bengkulu dengan kawasan tengah pulau Sumatera.

“Termasuk koneksi dengan tol lintas Timur Lampung sampai Aceh sehingga akan menghadap ke Samudera Hindia dan itu adalah Bengkulu di mana pelabuhan besar di mulut Samudera yaitu Pulau Baai,” tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)


Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HOT NEWS