OJK Yakin Pelonggaran ATMR Bakal Genjot Konsumsi Masyarakat – HOTNEWS
April 22, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

OJK Yakin Pelonggaran ATMR Bakal Genjot Konsumsi Masyarakat


HOTNEWS, Jakarta – Deputi Komisioner Pengawas Perbankan II Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Bambang Widjanarko optimistis stimulus kebijakan penurunan rasio aset tertimbang menurut risiko (ATMR) atau bobot risiko kredit dapat mendongkrak konsumsi masyarakat.

“OJK juga dari sisi ATMR yang dilanjutkan, kami optimis yang kami keluarkan bisa jadi bagian mendorong konsumsi,” kata Bambang dalam konferensi pers virtual, Jumat 26 Februari 2021.

Dia mengatakan kebijakan pelonggaran ATMR sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia yang melonggarkan Loan To Value 100 persen atau DP 0 persen untuk kredit KPR dan Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB.

Kendati demikian, dia tetap mengingatkan perbankan untuk menjaga pencadangan agar bisa menghadapi risiko kredit macet ke depan. “Ada hal lain yang disampaikan kepada bank agar tetap prudent dan dalam hal ini penerapannya kepada masyarakat,” ujarnya.

OJK sebelumnya, menetapkan berbagai kebijakan sebagai tindak lanjut stimulus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan sektor jasa keuangan. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan bahwa berbagai pelonggaran kebijakan prudensial sektor jasa keuangan secara temporer untuk mendorong pertumbuhan kredit yang lebih cepat dengan mempertimbangkan adanya unsur idiosinkratik pada sektor jasa keuangan.

“Pemberian pelonggaran peraturan prudensial ini bertujuan memberikan keleluasaan bagi calon debitur untuk memperoleh kredit berupa penurunan ATMR yang dikaitkan dengan Loan-to-Value Ratio dan Profil Risiko serta BMPK sebagai upaya menurunkan beban cost of regulation,” kata Wimboh Santoso dalam keterangan tertulis, Kamis, 18 Februari 2021.



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews