Petani Keluhkan Sendimentasi Tinggi di Saluran Irigasi – Radar Pekalongan Online – HOTNEWS
Mei 13, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Petani Keluhkan Sendimentasi Tinggi di Saluran Irigasi – Radar Pekalongan Online


*Aliran Debit Air Menjadi Terganggu

KENDAL – Tingginya sendimentasi di saluran irigasi yang ada di Desa Kedunggading, dan beberapa desa kainya di Kecamatan Ringinarum, menyebabkan debit air yang ada di saluran tersebut sedikit. Hal itu membuat sejumlah petani di wilayah tersebut mengeluh karena tidak bisa mendapatkan pasokan air untuk mengairi sawahnya.

Kepala Desa Kedung Gading, Kecamatan Ringinarum, Budiyono mengatakan, pihaknya terus mengupayakan perbaikan saluran air yang dinilai debit air daerah Kedunggading, kemudian di Ringinarum arah Desa Tejorejo, Galih dan Rowobranten itu sangat kecil. Apalagi adanya penyumbatan akibat sendimen yang tinggi di pintu air yang membagi ke sejumlah desa.

“Ada tiga titik sedimentasi yang sangat tinggi sehingga menghambat air yang akan disalurkan. Jika dari atas dibuka air tidak mengairi saluran justru meluap ke pemukiman,” katanya, kemarin.

Pihaknya sudah beberapa kali mengupayakan pengerukan pakai tenaga manusia, bahkan bersama-sama dengan tujuh desa melalui kelompok tani. Namun upaya tersebut hasilnya tetap tidak maksimal. Sebab saat hujan deras turun, sendimennya bertambah tebal juga sangat banyak dan jika pakai tenaga manusia tidak akan tertangani dengan maksimal.

“Penyebab sendimentasi karena pembuangan yang cukup besar. Selain itu penggerusan tanah yang dari hutan cukup banyak. Jadi di pintu air ini, sendimennya sangat cepat terisi banyak. Jika dua tiga hari hujan deras sendimennya tinggi,” ungkapnya.

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews