PGRI Dukung Penuh Pembelajaran Tatap Muka – Radar Pekalongan Online

  • Bagikan


BATANG – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Batang mendukung penuh kebijakan dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) bagi SD di zona hijau Covid-19. Pasalnya, model pembelajaran jarak jauh (PJJ) dinilai kurang efektif bagi pembentukan karakter siswa.

“Kami mendukung penuh Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah dan siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten dan Dinas Pendidikan untuk penerapan kebijakan tersebut. Hal ini dirasa sangat perlu untuk tercapainya efektifitas pembelajaran dan meminimalkan efek negatif yang dapat diterima siswa jika pembelajaran terus dilakukan secara virtual,” jelas Ketua PGRI Batang, M Arief Rohman via ponsel, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, jika pembelajaran dilakukan terus menerus secara virtual bukan tidak mungkin kualitas pendidikan yang didapatkan generasi pelajar saat ini menurun. Terlebih, tidak semua pelajar di Batang memiliki akses internet dan kondisi finasial yang sama untuk melengkapi sarana prasarana pembelajaran daring.

Selain itu, proses transfer pembentukan karakter melalui pembelajaran secara virtual dirasa masih belum efektif. Guru sebagai contoh bagi anak bisa mengaplikasikan perannya secara maksimal jika bisa memberikan contoh secara langsung ke anak.

“Tentunya bisa juga membangun karakter anak dengan pembelajaran daring. Hanya saja, hal tersebut kurang maksimal jika dilangsungkan terus menerus. Karena pasti dalam penyampaiannya tidak bisa bisa semaksimal ketika kita membentuk karakter mereka secara langsung,” imbuhnya.

Untuk mendukung program ini, PGRI Batang juga menyiapkan para guru untuk bisa menghadapi PTM. Pasalnya dalam PTM kali ini, selain mengajar materi, guru juga jadi contoh anak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di sekolah. “Secara tidak langsung, guru jadi juru kampanye prokes dalam kehidupan di sekolah,” ucap Arief. (nov)

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *