BLK Gelar Pelatihan Kerja Jahit Hingga Administrasi – HOTNEWS
Mei 12, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

BLK Gelar Pelatihan Kerja Jahit Hingga Administrasi


Kota Pekalongan – Guna mendorong peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas masyarakat, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan menggelar pelatihan kerja Angkatan I Berbasis Kompetensi bersumber dana APBN tahun 2021, Senin (1/3/2021).

Ada 4 paket atau kejuruan yang dilaksanakan yakni pelatihan menjahit, service kendaraan roda dua atau injeksi, listrik, dan administrasi perkantoran. Untuk tiap paket diikuti oleh 16 peserta, sehingga total peserta yang mengikuti sebanyak 64 orang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala UPTD BLK Setempat, Sunarto Hadi SIP MM saat ditemui di Kantor BLK, Senin (1/3/2021). “Di masa pandemi kami tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yakni sebelum masuk ruangan, peserta wajib memakai masker dan mencuci tangan, kemudian akan di tes suhu tubuh. Setelah itu, baru kami perbolehkan masuk ke ruang Aula BLK. Tiap kursi peserta juga diberi jarak,” kata Sunarto dikutip Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan.

Terkait pelaksanaan pelatihan mulai 3 Maret hingga 22 April 2021. Mengingat, jam pelajaran (JP) tiap paket berbeda, seperti untuk pelatihan service kendaraan roda dua dengan durasi pelatihan sejumlah 340 JP atau sekitar 43 hari. Sedangkan untuk paket kejuruan yang lain durasi pelatihan sekitar 33 hari atau 260 JP.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa animo masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti pelatihan, terlihat dari banyaknya pendaftar yang mencapai 500 orang. Selain itu, usai pelatihan peserta akan diikutkan program magang di perusahaan selama tiga bulan, sehingga peserta memiliki kompetensi yang siap bersaing di dunia kerja.

“Dari 500 pendaftar tersebut, ada 7 paket kejuruan yang kami buka. Namun, untuk pelaksanaanya kami bagi menjadi dua gelombang yakni gelombang pertama ada empat paket, kami lakukan hari ini (1/3) dan sisanya tiga paket, pelatihan akan dilakukan pada tanggal 15 maret mendatang,” terangnya.



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews