TMMD di Kebon Rowopucang Sasar Pembangunan Fisik dan Non Fisik – HOTNEWS
Mei 12, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

TMMD di Kebon Rowopucang Sasar Pembangunan Fisik dan Non Fisik


KAJEN – Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2021 di Desa Kebon Rowopucang Kecamatan Karangdadap hari ini Selasa (02/03) pagi dibuka secara resmi oleh wakil bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wabup diberikan kepada Kasdim 0710/Pekalongan Mayor Inf. Raji.
Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA 2021 yang mengambil tema “TMMD WUJUD SINERGI MEMBANGUN NEGERI” ini ditandai pula dengan Penandatanganan dan Penyerahan Berita Acara Serah Terima program TMMD dari Bupati Pekalongan kepada Dansatgas TMMD I TA 2021.
Dalam sambutannya, wakil bupati Ir Arini Harimurti menjelaskan kegiatan TMMD ini merupakan wujud nyata Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral antar Kementerian, Pemerintah Daerah serta Komponen Masyarakat sebagai upaya mendukung pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah tertinggal, terpencil/ terisolir serta diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
“TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan untuk mengatasi persoalan-persoalan bangsa. Seperti dimasa pandemi ini perlu peningkatan kesadaran, ketanggapan, kepedulian kita bersama khususnya untuk membantu pemerintah dalam mengedukasi tentang pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sekitar karena hal ini tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja, TNI/Polri saja, atau Pemerintah Daerah saja. Semua harus bersama sama, bersinergi serta bekerjasama,” papar Arini
Selanjutnya Arini mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Kebon Rowopucang untuk bersama-sama sengkuyung mensukseskan kegiatan TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari kedepan, karena pembangunan jalan yang sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat bukan hanya dapat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya namun kehadiran TNI akan memberikan momentum semangat baru masyarakat untuk membangun Desa secara keseluruhan.
Dengan momentum TMMD ini pula Arini mengajak semua elemen pemerintah dan masyarakat untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk berkontribusi dalam membangun Desa.
“ Mari membangun desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Mencukupi kebutuhan fasilitas pelayanan dasar, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan kemandirian, spiritualitas, kreatifitas dan inovasi serta membangun karakter kebangsaan dan kabudayan yang baik,”ajaknya.
Sementara itu Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan,S.I.P dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdim 0710/Pekalongan Mayor Inf. Raji memaparkan sasaran dalam kegiatan TMMD saat ini meliputi pekerjaan pengaspalan jalan Vol panjang 790 meter lebar 3 meter serta membuat jembatan Vol Panjang 6 meter Lebar 4 meter, pemasangan Bronjong volume Panjang 24 meter tinggi 2.5 meter seta pembuatan Plat Dekker panjang 4 meter.
Pelaksanaan TMMD ini tidak hanya sasaran fisik saja tapi juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang Wasbang oleh kodim, penyuluhan Kawasan rumah pangan lesteri dari Dinperpa, penyuluhan kamtibmas dari Polres, pelatihan ketrampilan Keluarga, penyuluhan Kesehatan tentang bahaya Covid-19 dan penyuluhan lainnya.
Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I TA 2021 di Desa Kebon Rowopucang dihadiri oleh perwakilan dari unsur forkopimda serta para kepala OPD terkait.



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews