Waspada, Virus Corona asal Inggris Telah Masuk di Indonesia – Radar Pekalongan Online – HOTNEWS
April 14, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Waspada, Virus Corona asal Inggris Telah Masuk di Indonesia – Radar Pekalongan Online


Kementerian Kesehatan mengumumkan virus varian baru, mutasi dari Sars Cov2, B117 telah ditemukan di Indonesia.

Virus ini pertama kali ditemukan di Inggris dan disebut lebih menular serta lebih mematikan oleh pemerintah setempat.

Pengumuman itu disampaikan oleh Kementerian Kesehatan, bertepatan dengan satu tahun Covid-19 ditemukan di Indonesia, yaitu pada 2 Maret 2021.

“Tadi malam saya mendapat informasi, bahwa tepat satu tahun (kasus pertama Covid-19 ada di Indonesia) hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante, dikutip dari HOTNEWS, Selasa 2 Maret 2021.

Temuan itu adalah hasil dari pelacakan yang dilakukan oleh Indonesia, terhadap 462 kasus di sejumlah wilayah, dalam beberapa bulan terakhir.

Kasus yang diperiksa adalah yang memiliki kemungkinan sebagai infeksi dari virus B117. Hasilnya ditemukan dua kasus infeksi virus B117.

Temuan ini sekaligus menunjukkan kemungkinan bahwa Indonesia akan menghadapi pandemi dengan tingkat kesulitan yang semakin berat.

“Refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke dapan untuk lebih mengembangkan proses-proses yang berkaitan riset yang semakin cepat, model-model penanganan yang lebih baik, dan studi-studi epidemologis secara analitik, karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” kata Dante.

Diketahui, mutasi virus SARS-Cov-2 ini awalnya ditemukan di New South Wales, Inggris. Belakangan, mutasi serupa ditemukan di beberapa negara Eropa lain dan di Australia. Di Asia, Singapura dan Filipina sebelumnya telah mengonfirmasi temuan virus ini di negara mereka.

Singapura mengumumkan virus ini pada Desember lalu, sedangkan Filipina mengumumkannya pada Januari lalu. (Tmp/Ngo/ngopibareng)

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews