Bukit Bintang Kutorojo, Layak Dikembangkan Untuk Olahraga Paralayang

  • Bagikan


Desa Kutorojo Kacamatan Kajen Kabupaten Pekalongan layak untuk dikembangkan menjadi tempat olahraga paralayang. Desa yang terletak di atas bukit dekat dengan Ibukota Kabupaten Pekalongan tersebut mempunyai kontur tanah yang cocok untuk olahraga tersebut.

Salah satu penerbang eksibisi paralayang Yuda Richard mengatakan, dirinya sudah mencoba beberapa bukit di Kecamatan Kajen untuk dijadikan spot take off olahraga paralayang. Dari beberapa bukit tersebut, Bukit Bintang Kutorojo paling layak untuk dikembangkan.

“saya melihat tempat ini berpotensi, dari tiga bukit yang telah saya coba, tempat ini yang paling layak. Selain tempatnya ada dipinggir jalan, kemiringan bukit juga panjang, sehingga jika ada kegagalan take off masih aman,” papar pria asal Solo, Rabu (3/3).

Selain itu, lanjutnya, kondisi angin juga bagus dan berpotensi termal setiap hari.
“dari Bulan Desember saya amati angin berasal dari utara, dan 20 persen dari barat, ini berarti angin berasal dari laut, sehingga sangat layak,” ujarnya.

“untuk emergency landing juga ada, disisi kiri ada hutan yang sudah ditebang, sisi kanan ada sawah dan satunya lagi dekat peternakan ayam,” katanya.

Namun yang menjadi hambatan, jelasnya, pada saat akan take off mengalami kesulitan karena ada beberapa pohon pinus disekitar lokasi. “saya berharap pohon ini dihilangkan. Tempat ini layak untuk dijadikan tempat paralayang, dan tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan tempat kejuaraan paralayang tingkat regional maupun nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kutorojo, Dulajat menuturkan, dirinya senang dengan adanya ujicoba take off paralayang ini. Dirinya berharap Kutorojo bisa menjadi desa wisata. “saya mohon kepada dinas terkait untuk mendukung kegiatan ini, sehingga keberadaan paralayang ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pintanya.



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *