Penyebaran Corona Mulai Menurun – Radar Pekalongan Online

  • Bagikan


KAJEN – Kasus penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kota Santri akhir-akhir ini semakin menurun. Jumlah penderita terus menurun di banding awal pandemi.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwiantoro. Kepada wartawan, Rabu (3/3/2021), ia menyampaikan saat awal pandemi tahun lalu perkembangan kasus Corona dibilang sangat cepat. Bahkan Kabupaten Pekalongan sempat berada dalam zona merah covid 19.

”Padahal Pemkab sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menekan penularan virus corona dengan berbagai kegiatan. Di antaranya menyosialisasikan menerapkan protokol kesehatan, melakukan penyemprotan disinfectan ke sejumlah tempat umum dan lainnya. Namun jumlah penderita terus naik,” kata dia.

Diakui, untuk penekanan penyebaran Corona, seluruh pihak khususnya Forkopimda tidak patah semangat terus berusaha supaya jumlah kasus covid 19 semakin berkurang. Di antaranya dengan menjalankan program pemerintah pusat dengan memberikan suntikan vaksin kepada seluruh komponen, mulai dari tenaga kesehatan, ASN, dan lainnya. Di samping itu juga melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di sejumlah desa.

Selain itu di awal pandemi, Pemkab juga telah menyediakan sejumlah tempat pelayanan kesehatan bagi pasien covid 19 yang perlu mendapatkan perawatan khusus maupun isolasi mandiri. Bahkan beberapa desa dijadikan sebagai percontohan untuk melakasanakan kegiatan ”jogo tonggo” yakni kepedulian masyarakat terhadap warganya yang terkena penyakit tersebut. Di setiap desa, dibuatkan tempat isolasi mandiri dan masyarakat setempat yang akan melayani sepenuhnya kebutuhan pasien tersebut.

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *