Ayo Optimalkan Medsos untuk Percepat Akses Informasi Masyarakat – Radar Pekalongan Online

  • Bagikan


BATANG – Di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, informasi bisa dengan mudah dan cepat diakses masyarakat melalui perangkat gawainya. Untuk itu, penting bagi setiap instansi pemerintah di segala tingkatan untuk lebih mengoptimalkan media sosial guna mempercepat akses informasi warganya.

Bupati Batang, Wihaji, bahkan mewajibkan setiap organisasi perangkat daerah (OPD), dari dinas hingga kecamatan untuk memiliki dan mengelola akun media sosial secara serius, terutama pada platform yang banyak dipakai masyarakat, seperti facebook dan instagram. “Ya ini eranya informasi, jangan sampai instansi pemerintah justru tergagap-gagap, kalah cepat dari masyarakat dalam penyebaran informasi. Ini penting, selain memberikan akses informasi yang positif ke masyarakat, juga bisa dimanfaatkan untuk saluran layanan pengaduan yang cepat dan efektif,” ungkap Wihaji, baru-baru ini.

Sejalan dengan itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang juga saat ini tengah merevitalisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari kecamatan sampai desa, melalui giat monitoring dan evaluasi (monev) ke desa dan kecamatan untuk melakukan pembinaan.

Baru-baru ini, mereka mengadakan monev dengan melibatkan Kecamatan Bawang dan Reban, di Pendopo Kecamatan Bawang. “Tujuan KIM adalah, agar publik bisa mendapatkan akses informasi melalui media sosial (medsos) bisa dari facebook atau instagram yang dikelola oleh anggota KIM melalui diskusi dan tukar informasi antar anggota yang berperan aktif,” jelas Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Batang, Puji Setyowati.

Upaya itu pun disambut baik Camat Bawang, Khofihin. Menurutnya, pembentukan KIM bisa mengoptimalkan upaya penyebarluasan informasi ke masyarakat melalui medsos.

“Dengan adanya KIM nantinya bisa diteruskan berita-berita yang ada di masyarakat. Sehingga warga sekitar atau yang lainnya dengan cepat mendapatkan informasi-informasi tersebut,” tuturnya. (sef/nov)

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *