Belum Ada Kepastian, Persiapan Haji Jalan Terus – Radar Pekalongan Online – HOTNEWS
April 22, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Belum Ada Kepastian, Persiapan Haji Jalan Terus – Radar Pekalongan Online


KOTA – Pemberangkatan jemaah haji tahun 2021, hingga kini belum mendapatkan kepastian. Pemerintah masih menunggu ketentuan dari Kerajaan Arab Saudi. Meski demikian, sejumlah persiapan terus berjalan termasuk yang dilakukan oleh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan.

Beberapa persiapan yang tetap dijalankan seperti pengumpulan kembali paspor bagi calon jemaah haji (calhaj) yang tahun lalu gagal berangkat, pengusulan vaksinasi bagi calhaj, hingga persiapan manasik haji yang kemungkinan akan dilaksanakan secara daring.

“Untuk kepastian pelaksanaan, apakah kita mengirim jemaah haji atau tidak masih menunggu ketentuan dari Kerajaan Arab Saudi. Tapi sambil menunggu itu, pemerintah tetap melaksanakan persiapan-persiapan. Kemarin kami sudah mengumpulkan kembali paspor calhaj yang gagal berangkat tahun lalu. Karena sudah ada beberapa paspor yang expired sehingga harus diperpanjang,” tutur Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Pekalongan, Mundakir, Kamis (4/3/2021).

Kemudian, pihaknya juga sudah diminta oleh Kanwil Kemenag Jawa Tengah untuk melaksanaan pendataan NIK dan nomor handpone calhaj. Pengumpulan data tersebut dalam rangka persiapan vaksinasi. Sebab dikatakan Mundakir, info terakhir yang diterima Arab Saudi mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi jemaah haji.

“Untuk di Kota Pekalongan, vaksinasi kepada calon jemaah haji memang belum dilaksanakan. Dari 328 calhaj, yang sudah divaksin meningitis ada 259 orang sehingga banyak yang belum. Ditambah adanya vaksinasi Covid-19. Kami sudah kumpulkan datanya, sedangkan teknis dan jadwal pelaksanaan akan ditentukan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan,” tambahnya.

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews