Boyong Investasi Rp7 T, INDY Gandeng Fourth Energy dari India

  • Bagikan

[ad_1]

Jakarta, HOTNEWS – Perusahaan energi, PT Indika Energy Tbk (INDY) menggandeng pengembang energi terbarukan (EBT) asal India, Fourth Partner Energy (4PEL) untuk mengembangkan pembangkit listrik energi terbarukan di Indonesia.

Perusahaan asal India ini telah berkomitmen untuk berinvestasi senilai US$ 500 juta (Rp 7 triliun, asumsi kurs Rp 14.000/US$) mulai 2021-2025.

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid mengatakan kedua perusahaan telah mendirikan PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS) untuk menghadirkan solusi energi terbaik untuk masyarakat Indonesia.


Upaya ini merupakan bagian dari diversifikasi bisnis Indika yang saat ini berfokus pada bisnis pertambangan batu bara hingga pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

“Indika Energy bangga dapat bekerja sama dengan Fourth Partner Energy dalam mendirikan EMITS, sebuah perusahaan tenaga surya yang akan menghadirkan berbagai solusi pengembangan energi terbarukan untuk sektor komersial maupun industri di Indonesia,” kata Arsjad dalam siaran persnya, Jumat (5/3/2021).

Dia mengatakan, kerja sama ini juga merupakan wujud komitmen Indika Energy dalam mendiversifikasi portofolio bisnis, mencapai tujuan keberlanjutan, meningkatkan kinerja ESG (Environmental, Social, Governance), serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran EBT sebesar 23% pada tahun 2025.

Dia mengatakan pendirian EMITS akan berkontribusi terhadap pencapaian komitmen perusahaan untuk meningkatkan porsi pendapatan dari sektor non-batubara sebesar 50% pada tahun 2025.

Co-Founder dan Executive Director Fourth Partner Energy, Vivek Subramanian mengatakan kerja sama ini merupakan bagian dari ekspansi bisnis perusahaan ke Asia Tenggara. Indonesia dinilai memiliki potensi pengembangan sektor energi terbarukan yang sangat besar.

“MITS siap mengambil peran penting dalam transisi energi hijau di Indonesia dengan menghadirkan listrik yang bersumber dari energi yang lebih bersih dan berbiaya lebih rendah dibandingkan tarif jaringan, serta dapat membantu tujuan pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Fourth Partner Energy membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di India yang memiliki kapasitas terpasang sebesar 550 MW di 24 negara bagian. Termasuk aman panel surya berkapasitas 100 MW di Uttar Pradesh, yang nantinya akan memasok energi untuk salah satu perusahaan semen terbesar di India.

Fourth Partner energy dimiliki oleh The Rise Fund, social impact fund terbesar di dunia dengan total dana kelolaan sebesar US$ 5 miliar yang didirikan oleh TPG Global, bekerja sama dengan sejumlah pesohor dunia seperti Bono, Ratu Rania dari Yordania dan Jeff Skoll.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)


Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HOT NEWS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *