Daya Beli Masih Lesu, Bagaimana Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan? – HOTNEWS
April 18, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Daya Beli Masih Lesu, Bagaimana Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan?


HOTNEWS – Daya beli masyarakat yang disinyalir masih bakal lesu akibat pandemi Covid-19, tidak membuat Kementerian Perdagangan RI tenang-tenang saja dalam menjaga kestabilan harga bahan pangan menjelang datangnya bulan ramadhan 2021.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, pihaknya bakal terus menjaga ketersediaan dan kestabilan bahan pokok menjelang datangnya bulan puasa tersebut.

“Walau ada perkiraan daya beli masyarakat belum pulih sepenuhnya, kita perlu mengambil langkah antisipatif untuk memastikan ketersediaan harga dan kebutuhan pokok ini stabil,” kata Oke dalam Diskusi Panel Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Bapok secara virtual, Jumat (5/3/2021).

Langkah menjaga kestabilan harga pangan ini penting kata Oke, karena ditakutkan harga bahan pokok tiba-tiba naik menjelang bulan puasa, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga:
Perintah Presiden Jokowi: Brand Luar Negeri Geser ke Tempat Tak Strategis

“Kita ingin antisipatif karena potensi kenaikan harga jelang bulan puasa bisa saja terjadi, meski daya beli masyarakat masih belum pulih,” ucapnya.

Apalagi saat ini, kata dia, kondisi iklim yang tidak menentu, dengan adanya banjir dan bencana alam lainnya, sehingga antisipati ketersediaan dan stabilisasi harga perlu dilakukan.

“Kita menghadapi cuaca atau iklim yang dapat mengganggu produksi dan distribusi di dalam negeri,” katanya.

Oke mengungkapkan, pemerintah dalam beberapa tahun terakhir berhasil menjaga stok dan stabilitas harga kebutuhan pokok.

Pada periode 2019 hingga 2020, misalnya, hal tersebut dinilai berjalan sangat baik karena seluruh pihak telah berkolaborasi untuk mengantisipasi ketersediaan dan stabilisasi harga.

Baca Juga:
Cara Salat Tarawih di Rumah Saat Ramadan 2021

Berdasarkan data Kemendag, Oke mengungkapkan pada 2019 hingga 2020, inflasi pada bulan puasa dan Lebaran kurang dari satu persen. Selain itu, inflasi volatile food pada Ramadan dan Lebaran 2021 mendekati 2 persen. 



Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HotNews