Diam-diam, Erick Thohir Mau ‘Sulap’ BUMN ‘Si Unyil’ Lho – HOTNEWS
April 22, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Diam-diam, Erick Thohir Mau ‘Sulap’ BUMN ‘Si Unyil’ Lho


Jakarta, HOTNEWS – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan Kementerian BUMN sedang menyiapkan rencana khusus untuk perusahaan pelat merah pembuat film ‘Si Unyil’, yaitu Perum Produksi Film Negara (PFN).

Demikian disampaikan Erick saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia di Kempinski Hotel, Jakarta, Jumat (5/3/2021).

“Kita tidak mau menjadi menara gading dan pesaing industri. PFN kita nggak mau, dengan kondisi industri perfilman Indonesia saat ini, industri konten lagi berat karena Covid-19, bioskop tutup, PFN kita sedang coba ubah jadi lembaga pembiayaan film dan konten. Karena kalau PFN-nya bikin film juga sama aja bohong,” ujar Erick.

Namun demikian, dia bilang kalau sinergisitas PFN sendiri harus didukung oleh BUMN lainnya. Contohnya PT Telkom.

“Karena sekarang eranya sudah Netflix, Disney Hotstar, apalah semua. Media juga berubah, radio juga berubah, ada clubhouse.

“Nah di sini saya sudah bilang sama PFN, kadang-kadang BUMN ini juga kalau dikasih kesempatan dia pikir pengen jadi raja sendiri, saya bilang no, anda lembaga pembiayaan, anda harus sinergi dengan komunitas-komunitas yang ada di Indonesia, yang biasa bikin film atau konten,” kata Erick.


Tetapi, lanjut dia, ada market driven-nya, yaitu distribusi dan pembelian oleh Telkom. Karena kalau tidak, menurut Erick, tidak akan balik modal.

“10 kali bikin film, 9 gagal, 1 untung. Mana ada bank yang mau biayain? Hal-hal ini kita coba insurance tadi dengan ekspansi pasar, infrastruktur yang ada di Telkom, Telkomsel,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)


Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HOT NEWS