215 Makam di TPU Dukuh Plabuhan Dibongkar dan Direlokasi ke Lokasi Baru – HOTNEWS – HOTNEWS
April 17, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

215 Makam di TPU Dukuh Plabuhan Dibongkar dan Direlokasi ke Lokasi Baru – HOTNEWS


BATANG – Proses pembongkaran 215 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dukuh Pelabuhan, Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing yang terdampak pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang mulai dilakukan.

Prosesi relokasi makam yang dimulai Senin (08/03/2021) itu diawali dengan pengarahan teknis pembongkaran, dilanjutkan doa yang dipimpin oleh tokoh agama setempat. Kegiatan juga diikuti oleh Camat, Danramil serta Kapolesek Gringsing.

Setelah pembacaan doa, kegiatan pembongkaran makampun mulai dilakukan. Dari sejumlah makam yang digali, sebagian besar jenazah yang ada sudah berupa tanah. Selanjutnya, sisa jenazah ataupun bagian yang diyakini sebagai bagian jenazah dimasukkan ke kantong jenazah.

Petugas selanjutnya memasukan kantong jenazah tersebut ke dalam peti. Selanjutnya peti tersebut dibawa menggunakan mobil jenazah ke tempat pemakaman umum yang baru di Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing.

“Untuk tahap pertama ada 116 makam yang direlokasi. Sebelumnya sudah ada delapan makam yang direlokasi oleh pihak keluarga. Sedangkan untuk relokasi massal yang dilakukan hati oni ada 108 makam,” ungkap Site Engeneering Manager (SEM) PT KIT Batang, Gerry Santiani.

Gerry menjelaskan, proses relokasi makam dikerjakan oleh 6 tim yang masing-masing tim ditargetkan satu hari menggali 6 makam selama tiga hari yang dimulai Senin (08/03/2021). “Untuk makam yang belum direlokasi, kita targetkan dapat diselesaikan setelah biaya relokasi termin ketiga biaya diberikan pihak panitia yang diketuai Sekdes Ketanggang,” jelas Gerry.

Untuk biaya relokasi sendiri menjadi tanggungjawab pelaksana PT KIT Batang, yaitu PT Pembangunan Perumahan (PP), dan dianggarkan sebesar Rp 557 juta.

“Kita harapkan proses relokasi makam bisa selesai tepat waktu, sehingga penyiapan lahan dan juga pembangunan infrastruktur penunjang KIT Batang bisa dibangun tepat waktu,” tandas Gerry. (don)

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews