Jasa Marga Beberkan Manfaat Kehadiran Dana SWF – HOTNEWS
April 18, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Jasa Marga Beberkan Manfaat Kehadiran Dana SWF


HOTNEWS – PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap memanfaatkan dana investasi atau Sovereign Wealth Fund (SWF) yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Investasi.

Direktur Keuangan Jasa Marga, Donny Arsal menyebut, kehadiran dana investasi membuat ringan perseroan untuk membangun infrastruktur jalan tol.

“SWF ini merupakan alternatif untuk program aset recycling program. Jadi engga full divestment di mana kita masih menggunakan dananya untuk berinvestasi dalam tol yang baru,” ujar Donny dalam webinar Siapkah BUMN Infrastruktur Optimalkan Dana LPI, Senin (8/3/2021).

Menurut Donny, setidaknya ada beberapa manfaat dana SWF bagi Jasa Marga. Pertama, Jasa Marga bisa mendapatkan dana segar untuk membiayai operasional perseroan.

Baca Juga:
Waspada Ada Perbaikan Jalan Tol Terpeka Lampung

“Jadi, meningkatkan likuiditas bagi Jasa Marga karena flow of fund masuk, sehingga kita mendapatkan dana segar untuk men-support kegiatan operasional,” kata Donny.

Kedua, lanjut Donny, dana investasi tersebut bisa menjadi alternatif pembiayaan selain perbankan, yang nantinya bisa membiayai semua infrastruktur jalan tol yang dibangun perseroan.

“Dengan adanya SWF ini merupakan alternatif baru di mana ketersediaan dana yang akan masuk dalam investasi jalan tol bisa kita manfaatkan. Diharapkan bisa mensupport kegiatan aset recycling Jasa Marga,” ucapnya.

Kemudian Ketiga, kehadiran SWF juga bisa memperkuat struktur permodalan perseroan. Sehingga, rasio utang dengan modal atau DER bisa lebih baik.

“Dengan adanya aset recycling akan meningkatkan kinerja karena penjualannya akan dilakukan di atas nilai buku sehingga ada keuntungan yang bisa kita bukukan,” pungkas Donny.

Baca Juga:
Heboh Proyek Tol Padang-Pekanbaru Dihentikan, Gubernur Sumbar Tak Tahu



Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HotNews