Dikebut, Juli 2021 Bakal Ada Tol Layang Baru di DKI Jakarta

  • Bagikan

[ad_1]

Jakarta, HOTNEWS – Progres pembangunan Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota atau Jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta masih terus berjalan. Khususnya untuk seksi A ruas Kelapa Gading – Pulo Gebang yang ditargetkan selesai pada Juli 2021 ini.

Pembangunan tol ini dibagi beberapa tahap. Tahap pertama dengan total panjang 31,1 kilometer terdiri dari Seksi A Kelapa Gading – Pulo Gebang sudah akan selesai Juli 2021. Pembangunan untuk ruas ini dibangun sejak Februari 2017 lalu.

Mengutip laporan perkembangan jalur tol Jabodetabek, per 15 Februari 2021. Saat ini pembebasan lahan untuk ruas tol ini sudah mencapai 100% dan progres konstruksi sudah mencapai 85%, sehingga proses konstruksinya diprediksi akan lancar sesuai dengan target.


PT Jakarta Tollroad Development sebagai Badan Usaha Jalan Tol menganggarkan dana investasi mencapai Rp 15,98 triliun dengan rincian Rp 8,80 triliun biaya konstruksi dan Rp 2,17 triliun untuk pembebasan tanah untuk ruas ini.

Hal ini juga dibenarkan oleh Direktur Utama PT Jakarta Tollroad Development Frans S. Sunito, melalui pesan singkat kepada HOTNEWS.

“Saat ini pengerjaan konstruksi Kelapa Gading – Pulo Gebang terus dipercepat dengan target selesai Juli 2021,” jelas Frans.

Pembangunan ruas tol ini sebelumnya ditargetkan selesai pada tahun 2019 tapi mandek akibat beberapa masalah. Pertama pembebasan lahan di daerah perkotaan, relokasi saluran udara tegangan tinggi (SUTT – 150 Kv), dan utilitas lainnya seperti pipa gas, pipa air bersih, saluran kabel tegangan menengah, dan saluran distribusi/jaringan.

“Pandemi Covid – 19 awal Maret 2020 serta diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta turut mempengaruhi kecepatan pelaksanaan pekerjaan konstruksi di lapangan,” jelas Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, dalam keterangan resmi, dikutip, Rabu (9/3/2021).

Sebelumnya pada ruas tol ini juga terjadi kecelakaan yang menelan korban jiwa pada 30 September 2020. Salah satu petugas keamanan kontraktor KSO Jakon – Adhi kejatuhan besi stress bar dari ketinggian 14,5 meter. Persoalan ini juga sudah diselesaikan oleh pihak perusahaan dan telah memberikan bantuan kepada pihak keluarga.

Ruas B dan C

Sementara itu untuk ruas B (Semanan – Grogol) dan C (Grogol – Kelapa Gading) ditargetkan selesai pada Maret 2024 mendatang.

Detalnya, Untuk ruas B Semanan – Grogol memiliki panjang jalan mencapai 9,5 kilometer. Saat ini pembebasan tanah ruas ini baru 4,53%, dan proses konstruksi belum dimulai.

Untuk ruas C Grogol – Kelapa Gading juga belum dimulai progress konstruksinya. Pembebasan tanah juga baru sekitar 4,52% untuk jalan tol sepanjang 12,4 kilometer ini.

Pihak PT Jakarta Tollroad Development menargetkan akhir tahun atau awal tahun depan salah satu ruas ini akan dibangun.

“Untuk seksi Semanan – Grogol belum mulai konstruksi, namun akan kami mulai pada akhir 2021,” jelas Frans.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)


Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HOT NEWS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *