Vaksin AstraZeneca Tiba, Pemerintah Makin Yakin Ekonomi Cepat Pulih – HOTNEWS
April 14, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Vaksin AstraZeneca Tiba, Pemerintah Makin Yakin Ekonomi Cepat Pulih


HOTNEWS – Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca tiba di Indonesia melalui program COVAX, yakni program negara prioritas penerima vaksin Covid-19 dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Menanggapi hal ini Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso pun makin optimistis bahwa perekonomian nasional akan makin cepat pulih.

“Tadi malam kita sudah datang lagi vaksin yang kedua AstraZeneca, kita butuh 426,8 juta dosis, mudah-mudahan target kita sampai akhir tahun selesai. Herd immunity atau kekebalan community terbentuk,” kata Susiwijono dalam acara peluncuran peta okupasi logistik dan supply chain secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Untuk itu, Susiwijono meyakini, jika sampai akhir tahun proses vaksinasi berjalan mulus dan penyebaran virus covid-19 bisa dikendalikan, maka pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pemerintah sebesar 4,5-5,3 persen pada 2021 bisa saja tercapai.

Baca Juga:
Vaksin AstraZeneca: Cara Kerja, Keunggulan, dan Efek Samping

“Kunci utamanya adalah membangun rasa aman. Sehingga mau beraktivitas tanpa adanya rasa aman, itu kita kasih insentif dalam bentuk apapun akan sulit untuk mendorong. Walaupun trennya ini sudah perbaikan pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Kedatangan 1,1 juta dosis ini bagian dari 11,7 juta dosis vaksin AstraZeneca yang diterima Indonesia melalui program COVAX. Kedatangan 11,7 juta dosis ini dimulai saat ini dan rencananya akan selesai pada Mei 2021.

Tidak hanya itu 50 juta dosis vaksin lainnya akan tiba, melalui perjanjian bilateral HOTNEWS Indonesia dan Inggris lewat AstraZeneca, dan terlepas dari program COVAX.

AstraZeneca adalah perusahaan farmasi global pertama yang bergabung dengan COVAX pada Juni 2020 sejalan dengan komitmen bersama perusahaan terhadap akses global yang merata terhadap vaksin.

Bersama dengan mitra lisensinya, Serum Institute of India, ratusan juta dosis vaksin AstraZeneca direncanakan akan diberikan kepada 142 negara melalui skema COVAX, apabila memungkinkan dari sisi operasional dan ketersediaan.

Baca Juga:
Daftar Penerima Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Salah Satunya Ojek Online

Vaksin AstraZeneca untuk Covid-19 berdasarkan hasil uji klinis sementara, menunjukkan untuk satu dosis vaksin punya kemanjuran 76 persen melawan Covid-19. Sehingga saat Covid-19 menginfeksi manusia, setelah 90 hari mendapat suntikan vaksinasi, maka gejala bisa dikurangi sebesar 76 persen.



Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HotNews