Laksanakan Program Kerja 100 Hari, Dinhub Bakal Kaji Jalan Satu Arah – HOTNEWS – HOTNEWS
April 17, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Laksanakan Program Kerja 100 Hari, Dinhub Bakal Kaji Jalan Satu Arah – HOTNEWS


KOTA – Dalam merealisasikan 8 program kerja yang dicanangkan pada 100 hari kerja masa kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota Pekalongan Periode 2021-2026, salah satunya kemudahan akses transportasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dinas Perhubungan (Dinhub) setempat bakal mengkaji kembali kebijakan Sistem Satu Arah (SSA) arus lalu lintas di beberapa jalan perkotaan yang ada di Kota Pekalongan.

Sekretaris Dinhub Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo SE MSi mengatakan, kajian SSA ini bakal dibahas dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Kota Pekalongan mendatang. “Saat ini beberapa ruas jalan yang awalnya satu arah digunakan dua arah. Pasalnya ruas jalan sekarang ini tak terlalu padat sedangkan kepadatan jalan menjadi alasan jalan dibuat satu arah,” ucapnya.

Disebutkan April, seperti Jalan Kartini mobil hanya boleh dari arah Selatan ke Utara sedangkan dari Utara ke Selatan tidak boleh. Namun karena di tengah pandemi ini mobilitas anak sekolah di Jalan Kartini tidak ada, dan Jalan Kartini kembali senggang sehingga sementara digunakan dua arah mobil. “Upaya perbaikan dalam penataan arus lalu lintas terus kami lakukan agar tidak terjadi kemacetan dan kasus angka kecelakaan menurun,” tandas April.

Penerapan SSA lainnya yakni di Jalan Cempaka dan Jalan Terate. Pemberlakukan jalur untuk Jalan Cempaka dari arah Selatan ke Utara, untuk Jalan Terate sebaliknya dari arah Utara ke Selatan. Namun sementara ini dipergunakan untuk dua arah.

Aprilyanto Dwi Purnomo menambahkan dalam memudahkan akses transportasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga, Dinhub rutin melakukan penertiban parkir di sejumlah ruas jalan di Kota Pekalongan. Penertiban parkir ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan arus lalu lintas sekaligus menertibkan kendaraan sesuai dengan marka jalan yang seharusnya tidak dibolehkan untuk parkir.

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews