Soal Kabar Petinggi Pertamina Dipecat Jokowi, Ahok: Tanya ke Pak Luhut – HOTNEWS
April 22, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Soal Kabar Petinggi Pertamina Dipecat Jokowi, Ahok: Tanya ke Pak Luhut


HOTNEWS, Jakarta – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menanggapi komentar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo baru memecat salah satu pejabat tinggi di Pertamina.

Ahok enggan mengonfirmasi terkait dengan pencopotan itu. Namun, dia mengatakan bahwa di Pertamina sudah ada regulasi yang mengatur terkait dengan penggunaan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN. “Sebaiknya nanya ke Pak Luhut,” katanya kepada Bisnis, Rabu, 10 Maret 2021.

Sebelumnya, Luhut mengatakan bahwa Presiden Jokowi baru memecat salah satu pejabat tinggi perusahaan migas pelat merah itu. “Ada pejabat tinggi di Pertamina kemarin itu dipecat Presiden langsung,” ujarnya saat Rapat kerja Nasional Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT, Selasa (9/3/2021).

Luhut menuturkan latar pemecatan itu disebabkan karena pejabat tinggi itu tidak mengikuti regulasi penggunaan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN pada proyek pengadaan pipa Pertamina.

“Bikin pipa ini ramai, tadi Pertamina itu ngawurnya minta ampun, padahal sudah bisa dibuat di Indonesia. Bagaimana itu kecintaan kita pada idealisme kita masih kurang,” tuturnya.

Tempo menghubungi SVP Corcom and Investor Relation Pertamina Agus Suprijanto melalui Whatsapp terkait pernyataan Luhut. Namun hingga berita diturunkan, Agus belum merespons pesan yang dikirimkan Tempo.

BISNIS

Baca juga: Luhut: Ada Pejabat Tinggi Pertamina Dipecat Jokowi Langsung, Alasannya TKDN



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews