Heboh Pipa Impor yang Bikin Jokowi Pecat Pejabat Pertamina

  • Bagikan


Jakarta, HOTNEWS – Sepekan terakhir publik ramai memberitakan soal impor pipa yang ‘membanjiri’ Indonesia. Hal ini pulalah yang memicu Presiden Joko Widodo ‘murka’ dan berujung pada pemecatan pejabat tinggi BUMN migas terbesar di Indonesia, PT Pertamina (Persero).

Kekesalan Jokowi itu lantaran impor pipa masih banyak, padahal barang tersebut bisa diproduksi di dalam negeri.

Pemecatan pejabat tinggi Pertamina disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Pemecatan ini disebabkan kegagalan pejabat tinggi Pertamina dalam meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).


“Ada pejabat tinggi Pertamina itu kemarin dipecat presiden langsung,” kata Luhut dalam rakornas BPPT 2021, Selasa (9/3/21).

Luhut mengungkapkan bahwa Jokowi kesal pejabat tersebut tidak bisa mengikuti regulasi penggunaan tingkat TKDN pada proyek yang terutama terkait pipa Pertamina.

“Bikin pipa. Pertamina itu ngawurnya minta ampun. Masih impor pipa padahal bisa dibuat di Indonesia. Bagaimana itu?” tanya Luhut.

Menanggapi hal ini Bobby Gafur Umar, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Energi dan Migas angkat bicara. Menurutnya dalam kasus pipa ini impor dari China masih lebih murah daripada produksi dalam negeri.

“Sampai Pak Luhut bilang ada pejabat Pertamina diganti karena Pak Presiden nggak berkenan. Pertamina masih ada ada yang belum bisa memaksimalkan pemakaian produk dalam negeri,” paparnya dalam webinar ‘Membedah Peluang Bisnis 70 Triliun Di Sektor Hulu Migas’, Rabu (10/03/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, pipa dari China sampai di Surabaya harganya tidak beda jauh dengan bahan baku dari BUMN PT Krakatau Steel Tbk (KRAS).

Dari bahan baku Krakatau Steel, begitu dilakukan pengelasan, maka ongkosnya bertambah 20-25%, sehingga pipa di Indonesia jauh lebih mahal.

“Harga pipa China sampai di Surabaya, pipa jadi sama bahan baku Krakatau Steel. Itu nggak beda jauh harganya, begitu las jadi pipa sudah nambah 20-25% ongkos pipa,” jelasnya.

NEXT: Kenapa pipa China bisa jadi lebih murah?

Di Kutip Dari Berbagai Sumber

HOT NEWS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *