Janji Mendag usai Melepas Ekspor Pentol Bakso Dkk Senilai Rp 140 M – HOTNEWS
April 18, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Janji Mendag usai Melepas Ekspor Pentol Bakso Dkk Senilai Rp 140 M


HOTNEWS, Jakarta – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melepas ekspor produk pertanian senilai Rp 140 miliar dari Surabaya, Jawa Timur. Berbagai produk ini dikirim ke 12 negara sekaligus.

Menurut Lutfi, Jawa Timur saat ini merupakan pusat perdagangan barang setengah jadi untuk Indonesia bagian timur. Oleh sebab itu, kata dia, Kementerian Perdagangan akan membuat Export Center di Surabaya.

“Hal ini untuk memastikan komoditas Indonesia dapat melakukan penetrasi ke pasar internasional,” kata Mendag¬†Lutfi dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, 12 Maret 2021.

Baca Juga: Mentan Minta Ekspor Sarang Burung Walet Bidik Pasar AS dan Eropa

Adapun dalam kegiatan tersebut, ada 34 komoditas yang diekspor. Di antaranya yaitu pentol bakso, sarang burung walet, pakan ternak, premik, cicak kering, lipan kering, dan asam amino hewan LLysine sulfate, dan pakan ternak. Lalu, susu pasteurisasi, susu, kelapa bulat, mentega kakao, bubuk kakao, biji kopi, cengkeh, hingga serat campuran (sillage) allformilk.

Komoditas tersebut akan diekspor ke 12 negara tujuan. Di antaranya yaitu Amerika Serikat, Hongkong, Timor Leste, Jerman, Brunei Darussalam, Thailand, Tiongkok, Vietnam, Korea Selatan, Mesir, Singapura, Bangladesh.

Sementara¬†itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap, Export Center yang dijanjikan Lutfi dapat segera diwujudkan. “Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya Jawa Timur,” kata dia.



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews