Dinarpus Gali Index Baca Masyarakat – HOTNEWS
Mei 10, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate


Kota Pekalongan – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan saat ini tengah menggali index minat baca masyarakat, dengan menargetkan 500 sampel angket untuk diisi pemustaka.
“Pengisian angket minat baca masih kami buka sampai 500 responden sampai Juni 2021, sampai kemaren sudah terisi 274 responden,” kata Kepala Seksi Akusisi, Pengolahan, dan Layanan Pustaka Dinarpus, Junaenah SAP MM Senin (15/3).
Dia mengatakan, dalam angket yang dibagikan kepada pemustaka berisikan pertanyaan data diri, gender, usia, pekerjaan, minat baca, frekuensi baca, alokasi membeli buku, dan sebagainya. Dari data responden yang terkumpul langsung kita olah. Dari sebagian responden ini diperoleh index 29,4.
“Ini kali pertama Dinarpus menghitung index minat baca masyarakat Kota Pekalongan. Sesuai merujuk perpustakaan provinsi dan nasional,” ucapnya.
Kaitannya dengan jumlah responden, 500 menjadi sampel untuk seluruh masyarakat Kota Pekalongan dari usia 5-60 tahu dari berbagai profesi. “Kami meminta pemustaka yang datang ke perpustakaan daerah baik perpustakaan 1 atau 2 untuk mengisi hardcopy angket. Kendati demikian angket juga kami sebar melalui daring, media sosial lainnya seperti Facebook. Setelah angket diisi oleh 500 responden nantinya diharapkan akan mendapatkan hasil yang objektif sehingga akan mengetahui sebesar apa index minat baca masyarakat Kota Pekalongan,” tandasnya. (Pekalonganberita,com)

 



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews