Menkes: Kasus Positif Covid-19 Turun 2 Bulan Terakhir, Ikut Tren Global

  • Bagikan


HOTNEWS, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia sudah turun selama 1-2 bulan terakhir. Menurut dia, kondisi ini mengikuti tren penurunan yang juga terjadi secara global.

“Mulai terjadi penurunan yang cukup drastis dari sisi confirmed cases,” kata dia dalam rapat bersama Komisi Kesehatan DPR di Jakarta, Senin, 15 Maret 2021.

Secara global, kata Budi Gunadi , penurunan sudah terjadi di semua kawasan. Mulai dari di kawasan dengan kasus tertinggi seperti Amerika dan Eropa, dari semula puncaknya pada Januari 2021.

Berdasarkan laman resmi Covid-19.go.id, pertumbuhan jumlah kasus per hari di Indonesia tercatat mengalami penurunan sejak 30 Januari 2021. Saat itu, angka kasus positif per hari mencapai 14.518.

Angka ini pun menjadi rekor tertinggi sejauh ini, dalam 1 tahun pandemi di Indonesia sejak 2 Maret 2020. Tapi setelah itu, kasus terus menurun hingga mencapai 4.714 per 14 Maret 2021.

Selain kasus positif, kata Budi, penurunan terjadi pada rata-rata kematian. Rekor tertinggi terjadi pada 28 Januari 2021 dengan 476 kematian per hari.

Sementara data terakhir, angka kematian Covid-19 turun menjadi 97 orang pada 14 Maret 2021. Terakhir, Budi menyebut bed occupancy rate alias tingkat keterisian kamar rumah sakit juga menurun, tapi belum menampilkan datanya secara rinci.

FAJAR PEBRIANTO

Baca juga: Menkes Sebut Vaksinasi Covid-19 Terkendala Keterbatasan Stok



Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *