Save Pesisir Pekalongan! – HOTNEWS – HOTNEWS
Mei 13, 2021

HOTNEWS

Penyedia Berita & Informasi Terupdate

Save Pesisir Pekalongan! – HOTNEWS


*Pengeboran Sumur Dalam Baru Disetop

KAJEN – Land subsidence (penurunan permukaan tanah) di wilayah pesisir Pekalongan harus diatasi. DPRD Kabupaten Pekalongan meminta agar pengeboran atau pengambilan air bawah tanah baru disetop. Moratorium ekploitasi air bawah tanah ini disepakati dalam rapat pimpinan Dewan dengan eksekutif, Jumat (12/3/2021). Dalam rapat itu juga dihadirkan peneliti dari ITB, Dr Heri Andreas yang meneliti land subsidence di pesisir Pekalongan.

“Dr Heri Andreas kebetulan datang ke Pekalongan untuk penelitian lanjutan, makanya saya minta beliau untuk beri paparan dalam rapat pimpinan DPRD. Beberapa OPD terkait juga kita undang seperti Bappeda, PDAM, Perkim dan LH, PSDA, Pj Sekda, dan OPD terkait lainnya,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Sumar Rosul, Minggu (14/3/2021) sore.

Dikatakan, Dr Heri Andreas melakukan penelitian sebelumnya sudah tujuh tahun lalu. Ia meneliti mengapa terjadi rob yang luar biasa di Kabupaten dan Kota Pekalongan. Dari hasil penelitiannya, rob terjadi karena adanya land subsidence.

“Pada penelitiannya tahun 2008 ditemukan hasil land subsidence di pesisir Pekalongan 10 – 20 cm pertahun. Kalau sekarang mungkin sudah lebih karena belum ada penanganan dari land subsidence itu,” kata dia.

Dengan kejadian banjir besar di wilayah pesisir beberapa waktu lalu dan kondisi di Simonet, lanjut Sumar, kian membenarkan adanya land subsidence tersebut. “Kita juga meyakini yang namanya land subsidence atau penurunan permukaan tanah itu bukan fiksi, cerita rakyat, atau isu politik. Itu riil adanya. Memang itu ada dan terjadi di pesisir kita,” tandas dia.

Dikutip dari Berbagai Sumber

HotNews